Identifikasi Tanaman Tomat Secara Organik

 

Apakah Anda berkeliaran di kebun Anda, mengagumi teman atau menjadi googly-eyed di penjualan tanaman, senang mengetahui dengan tepat varietas tomat apa yang Anda lihat. Tanpa penanda yang dapat ditemukan, bagaimana Anda bisa tahu apakah itu menentukan atau tidak pasti? Pusaka atau hibrida? Cherry atau beefsteak?

Anda mungkin tidak akan pernah sepenuhnya memecahkan misteri tomat tak dikenal karena ada ribuan kultivar yang tersedia. Namun, Anda mungkin dapat menjawab beberapa pertanyaan kunci dengan pemeriksaan ketat terhadap tanaman. Bahkan lebih mudah untuk mengetahui jenis tanaman tomat apa yang Anda miliki jika sudah berbuah. Umumnya ditanam sebagai tanaman semusim, tomat (Solanum lycopersicum, sebelumnya Lycopersicon esculentum) adalah tanaman tahunan di zona USDA 10-11.

Tak tentu vs. Tentukan Tanaman Tomat

Mengetahui apakah Anda memiliki tanaman tomat yang tidak pasti atau menentukan dapat membantu Anda menyiapkan terali atau kandang yang cukup tinggi. Ini juga akan memberi petunjuk kepada Anda kapan Anda dapat berharap untuk mulai memanen tomat dan berapa lama. Itu karena tanaman tomat penentu menghasilkan buah lebih awal dari varietas yang tidak pasti, tetapi mereka juga menghasilkan untuk jangka waktu yang lebih singkat.

Ukuran keseluruhan adalah indikator yang sangat baik apakah tanaman tomat menentukan atau tidak pasti. Tanaman tomat tak tentu akan tumbuh dan menghasilkan sebanyak mungkin, yang berarti mereka dapat mencapai tinggi lebih dari 6 kaki dan menghasilkan jumlah tomat yang mengejutkan sampai sesuatu – biasanya embun beku pertama – membunuh tanaman.

Sebaliknya, varietas penentu berhenti tumbuh begitu mencapai sekitar 4 kaki, yang menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk berkebun wadah. Mereka juga akan menghasilkan semua buah mereka pada saat yang sama, dan kemudian mereka selesai untuk musim ini.

Oleh karena itu, jika Anda melihat tanaman tomat dengan buah-buahan pada berbagai tahap pematangan, itu mungkin tidak pasti. Petunjuk visual lain yang perlu dipertimbangkan adalah apakah tanaman tomat terlihat pendek dan lebat atau seperti pohon anggur. Tomat tak tentu menjadi tinggi dan berebut, sedangkan varietas penentu memiliki tangkai daun dan daun yang dikemas lebih dekat.

Varietas Tomat Daun Kentang

“Tomat daun kentang” lebih dari sekadar twister lidah: Ini adalah tanda pasti bahwa Anda sedang melihat tomat pusaka, bukan hibrida. Namun, tidak semua pusaka memiliki daun kentang.

Tomat daun kentang memiliki daun yang menyerupai dedaunan pada tanaman kentang, dengan lobus atau gerigi yang tidak sebanyak tomat “daun biasa”. Daun tomat biasa juga majemuk, dipisahkan menjadi banyak selebaran kecil dan selebaran majemuk. Tomat dengan apa yang disebut daun kentang akan memiliki selebaran yang jauh lebih besar dan lebih sedikit.

Jenis Buah Tomat

Sekilas saja bagian tomat dari toko kelontong mengungkapkan bahwa buah ini hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan bahkan warna. Beberapa tomat lebih cocok untuk mengiris sandwich atau salad, sementara yang lain lebih disukai untuk dimasak menjadi saus. Resep seperti apa yang dapat Anda harapkan untuk dinikmati dengan apa yang tumbuh di kebun Anda?

Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan menunggu buah tumbuh. Buah-buahan kecil dan bulat adalah tomat ceri, yang sangat baik untuk ngemil atau membagi dua menjadi salad. Buah-buahan kecil dengan bentuk yang lebih lonjong adalah tomat anggur, yang tahan terhadap memasak dengan baik.

Tomat yang lebih besar dengan bentuk lonjong adalah tomat Roma, yang tidak terlalu berair dan paling baik dimakan mentah atau dimasak ringan. Tomat beefsteak adalah apa yang cenderung digambarkan semua orang ketika mereka mendengar kata tomat, dan dapat digunakan untuk hampir semua hal: mengiris, memanggang, memanggang, ngemil, dan sebagainya. Varietas lain memang ada, tetapi keempatnya mewakili yang paling umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *