Cara Pembuatan KIA Online untuk Anak

2 min read

Cara Pembuatan KIA Online

Cara Pembuatan KIA Online – Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap anak Indonesia. KIA diberikan oleh pemerintah untuk memberikan identitas resmi anak dan memudahkan anak dalam mendapatkan hak-haknya seperti pendidikan dan kesehatan.

Sebelumnya, membuat KIA membutuhkan kunjungan ke kantor Disdukcapil dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, sekarang sudah ada cara membuat KIA secara online yang lebih praktis dan cepat.

Berikut adalah langkah-langkah membuat KIA secara online.

Cara Pembuatan KIA Online Termudah

  1. Persiapan Dokumen dan Alat

Sebelum memulai proses pembuatan KIA secara online, pastikan dokumen dan alat yang diperlukan sudah lengkap. Dokumen yang harus disiapkan antara lain:

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta Kelahiran anak
  • KTP dan NPWP orang tua atau wali anak
  • Pas foto anak ukuran 3×4 dengan latar belakang merah

Selain dokumen, pastikan juga perangkat yang digunakan untuk membuat KIA sudah memenuhi syarat. Untuk membuat KIA secara online, perangkat yang dibutuhkan antara lain laptop atau smartphone yang sudah terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

  1. Buka Website Resmi Disdukcapil

Setelah mempersiapkan dokumen dan perangkat, selanjutnya buka website resmi Disdukcapil di alamat https://www.disdukcapil.go.id/. Pilih menu “Layanan Online” yang ada di bagian atas halaman.

  1. Pilih Layanan Pembuatan KIA

Setelah masuk ke halaman Layanan Online, pilih “Pembuatan KIA” untuk memulai proses pembuatan KIA secara online. Pastikan juga sudah membaca informasi dan syarat pembuatan KIA yang tertera di website tersebut.

  1. Cara Pembuatan KIA Online – Isi Formulir Pendaftaran

Setelah memilih layanan Pembuatan KIA, selanjutnya isi formulir pendaftaran yang sudah disediakan. Isi formulir tersebut dengan data yang sesuai dan benar. Pastikan juga mengisi data anak dengan benar, karena data yang salah bisa mempengaruhi proses pembuatan KIA.

  1. Unggah Dokumen dan Pas Foto

Setelah mengisi formulir pendaftaran, langkah berikutnya adalah mengunggah dokumen dan pas foto anak. Pastikan dokumen dan pas foto sudah di-scan atau di-foto dengan baik dan jelas. Dokumen yang diunggah harus sesuai dengan dokumen yang dipersyaratkan.

  1. Bayar Biaya Administrasi

Setelah semua dokumen dan pas foto sudah diunggah, langkah selanjutnya adalah membayar biaya administrasi. Biaya administrasi pembuatan KIA bervariasi di setiap daerah, jadi pastikan untuk mengecek biaya administrasi pembuatan KIA di daerah Anda.

  1. Tunggu Pengiriman KIA

Setelah melakukan pembayaran, tunggu proses pembuatan KIA selesai. Proses pembuatan KIA secara online membutuhkan waktu sekitar 14 hari kerja. Setelah KIA selesai dibuat, KIA akan dikirimkan ke alamat yang tertera pada formulir pendaftaran.

Cara Pembuatan KIA Online – Apakah KIA Penting untuk Anak?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa anak harus memiliki KIA:

Identitas resmi yang diakui pemerintah

KIA adalah identitas resmi anak yang diterbitkan oleh pemerintah melalui Disdukcapil. KIA memiliki nomor identitas unik yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan administrasi seperti pendaftaran sekolah, pendaftaran asuransi kesehatan, dan pembuatan rekening bank. KIA juga bisa digunakan sebagai identitas resmi ketika anak membutuhkan bantuan dari pemerintah seperti program bantuan sosial.

Perlindungan dari kejahatan

KIA memiliki fitur keamanan seperti foto anak dan data diri yang lengkap. Hal ini bisa membantu orang tua atau penjaga anak untuk melacak keberadaan anak dan melindunginya dari berbagai kejahatan seperti penculikan dan perdagangan manusia. Selain itu, KIA juga bisa membantu mempercepat proses pencarian anak hilang oleh pihak berwajib.

Cara Pembuatan KIA Online – Mempermudah pengurusan administrasi

Dengan memiliki KIA, pengurusan administrasi seperti pendaftaran sekolah, pendaftaran asuransi kesehatan, dan pembuatan rekening bank bisa lebih mudah dan cepat dilakukan. KIA juga bisa digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan paspor jika anak akan melakukan perjalanan ke luar negeri.

Menjamin hak-hak anak

KIA bisa membantu menjamin hak-hak anak seperti hak atas pendidikan, kesehatan, dan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Dengan memiliki KIA, anak memiliki identitas resmi yang diakui pemerintah sehingga hak-haknya bisa lebih mudah dilindungi dan dipenuhi.

Cara Pembuatan KIA Online – Membantu dalam penanganan darurat

KIA bisa menjadi alat penting dalam penanganan darurat seperti bencana alam atau kecelakaan. KIA bisa membantu pihak berwajib atau petugas kesehatan untuk mengidentifikasi anak dan memberikan bantuan medis atau evakuasi jika diperlukan.