Cara Bermain Investasi Saham dengan Modal Kecil

Cara Bermain Investasi Saham – Investasi saham dulu dianggap membutuhkan modal besar, tetapi sekarang dengan kemajuan teknologi, anggapan tersebut mulai berkurang karena ada platform digital yang memungkinkan investasi saham dengan modal yang kecil.

Walaupun investasi saham mudah, persiapannya memerlukan banyak hal seperti persiapan mental karena investasi saham memiliki risiko yang tinggi. Selain itu, kamu juga harus terus meningkatkan pengetahuan tentang investasi saham.

Jadi, apakah kamu siap untuk memulai investasi saham? Berikut adalah beberapa tips untuk memulai investasi saham dengan modal kecil.

Cara Bermain Investasi Saham dengan Modal Kecil

Meskipun memiliki modal kecil, tetap ada peluang untuk sukses dalam investasi saham. Dengan konsistensi dan strategi yang tepat, kamu dapat mengembangkan modalmu. Berikut adalah cara bermain saham dengan modal mulai dari Rp100 ribu saja!

Pilih perusahaan sekuritas dengan biaya murah

Pemilihan perusahaan sekuritas yang tepat akan mempermudahmu dalam memulai investasi saham dengan modal yang minim. Lakukan penelitian yang mendalam tentang semua perusahaan sekuritas yang tersedia dan periksa latar belakang serta kebijakan yang mereka terapkan untuk investor saham.

Beberapa perusahaan sekuritas memerlukan setoran awal minimal sebesar Rp1 juta. Namun, ada juga perusahaan sekuritas yang memungkinkan setoran awal yang lebih kecil dan memperbolehkan pembelian saham dengan harga di bawah Rp100 ribu.

Perhatikan biaya transaksi

Selain setoran awal, penting juga untuk memperhatikan biaya transaksi yang dibebankan kepada investor saat membeli dan menjual saham. Meskipun biaya transaksi ini relatif kecil, yaitu sekitar 0,1 hingga 0,4 persen, namun tetap perlu diperhitungkan karena dapat mempengaruhi keuntungan investasimu.

Perhitungan biaya transaksi yang teliti juga akan membantumu dalam berinvestasi saham. Semakin sering kamu melakukan jual-beli saham, semakin besar potongan yang akan dikenakan, sehingga kamu perlu mempertimbangkan hal ini dalam strategi investasimu.

Cara Bermain Investasi Saham – Memilih saham yang tepat

Dengan modal yang terbatas, penting untuk memilih saham yang tepat. Di Bursa Efek Indonesia (BEI), terdapat ribuan emiten saham yang memiliki harga yang berbeda-beda.

Harga saham ditentukan per lembar dan pembelian minimal adalah 1 lot atau 100 lembar. Oleh karena itu, untuk setiap harga per lembar saham, kamu harus mengalikan dengan 100.

Jika modalmu tidak lebih dari Rp100 ribu, kamu perlu mencari saham dengan harga di bawah Rp1.000 per lembar. Meskipun harga saham terjangkau, masih banyak saham yang memiliki potensi yang baik. Berikut adalah beberapa rekomendasi saham dengan harga di bawah Rp1.000 per lembar:

> PT Bank MNC Internasional, Tbk. (BABP)

> PT Bank KB Bukopin, Tbk. (BBKP)

> PT Lippo Karawaci, Tbk. (LPKR)

> PT Astra Graphia, Tbk. (ASGR)

> PT PP Presisi, Tbk. (PPRE)

> PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk. (GOTO)

> PT Bukalapak, Tbk. (BUKA)

Mulai belajar analisis saham

Untuk bermain saham, kamu perlu melakukan analisis pasar modal untuk memprediksi ke depannya. Ada banyak cara untuk melakukan analisis ini, seperti membaca berita pasar modal tentang perusahaan yang sahamnya kamu miliki, bahkan perusahaan yang sahamnya sedang diincar.

Setiap berita yang muncul dapat mempengaruhi harga saham di pasar. Jika ada prediksi negatif, kamu bisa mempertimbangkan untuk menjual saham dan memindahkannya ke emiten saham lainnya.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan analisis teknis dengan membaca grafik harga saham. Langkah ini terbilang sulit karena memerlukan perhatian pada banyak faktor, termasuk pola yang tergambar dalam grafik saham. Pola-pola tersebut dapat memberikan petunjuk terjadinya perubahan tren harga saham.

Cara Bermain Investasi Saham – Tentukan target investasi

Salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah menetapkan target dalam investasi saham. Kamu harus menentukan target keuntungan dan jangka waktu investasi, misalnya ingin mendapatkan keuntungan tiga kali lipat dalam kurun waktu lima tahun.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui tujuan penggunaan keuntungan yang didapat dari investasi saham ini. Mengetahui tujuan investasi sejak awal akan memberikan motivasi lebih dalam berinvestasi saham. Misalnya, dalam lima tahun mendatang, kamu ingin membeli smartphone atau laptop baru.

Dalam investasi saham yang paling penting adalah pengambilan keputusan yang bijak dalam mengelolanya. Jadi sebelum mulai untuk investasi pastikan juga jika Anda ini sudah benar-benar mengerti supaya investasi Anda bisa menguntungkan.