aplikasi fps meter android
Sumber: freepik.com

Aplikasi FPS Meter di Android, Mudah untuk Dicoba!

Aplikasi FPS Meter di Android, Mudah untuk Dicoba – Mungkin saja, istilah FPS membuat banyak orang bingung, atau Anda sama sekali tidak memahami artinya. FPS adalah singkatan dari Frame per second, yaitu pengukuran yang mengindikasikan berapa banyak gambar yang ditampilkan dalam satu detik.

Contohnya, kecepatan bingkai 30 per detik menunjukkan bahwa saat ini ada 30 gambar berurutan yang ditampilkan setiap detiknya. Jika kecepatan bingkai adalah 60 bingkai per detik, maka kita akan menerima enam puluh slide gambar dalam satu detik.

Berbeda dengan para gamers yang sudah mengetahui apa itu FPS yang biasa diartikan tergantung dengan situasi yang sedang digunakan.

Dalam aplikasi FPS meter di Android , Anda bisa menentukan kualitas performa smartphone yang digunakan dengan melihat indikator frame per detik (FPS). Selain itu, data frame-per-detik (FPS) dalam game Android menawarkan berbagai keuntungan lainnya.

Jika Anda memainkan game dengan visual definisi tinggi, maka FPS yang Anda dapatkan akan semakin baik. Pada akhirnya Anda akan membutuhkan aplikasi penghitung FPS, yang terkadang secara umum disebut sebagai FPS Counter.

Anda mungkin tidak mengetahui semua metode yang berbeda untuk melihat frame rate game Android. Jadi, mari kita mulai membahasnya!

Sekarang prosedur menampilkan frame per detik (FPS) pada ponsel Android sudah cukup sederhana. Anda bisa melakukannya bahkan tanpa Root. Meskipun demikian, Anda masih memerlukan beberapa perangkat lunak tambahan dan penyesuaian tertentu pada HP Anda.

Aplikasi ini sangat membantu untuk menentukan seberapa baik kinerja smartphone Anda ketika Anda menggunakan program yang berat, seperti game atau aplikasi lainnya.

Jika nilai frame per detik (FPS) terlalu rendah hingga di bawah 30 FPS, maka smartphone yang Anda gunakan tidak cukup bertenaga untuk memainkan game.

Jika angkanya cukup tinggi hingga mencapai ratusan frame per detik, maka smartphone Anda sudah canggih dan berpotensi untuk dibuat memainkan berbagai game yang berat.

Game Booster tentu saja merupakan salah satu program FPS Counter yang paling disukai saat ini.

Game Booster

Dalam aplikasi ini Anda bisa memunculkan FPS meter dan dapat dilihat di ujung layar ketika sedang bermain game. Berikut cara-cara yang perlu Anda perhatikan tentang aplikasi ini!

  • Instal dan jalankan aplikasinya.
  • Anda akan diminta untuk membaca Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi di beranda. Centang kotak di tempat yang tersedia jika Anda sudah selesai. Setelah selesai, klik Mulai.
  • Setelah Anda selesai pilih Mulai, layar yang berisi pengaturan panel kiri dan kanan akan muncul.
  • Pilih panel kanan karena panel ini berisi pengaturan FPS Monitor. Salah satu pilihan yang akan Anda temukan nanti adalah pengaturan FPS Monitor.
  • Anda harus mengaktifkan tombol FPS Monitor pada layar untuk melihat FPS Meter. Alihkan tombol Aktifkan.
  • Tekan “Unlock for Free” dan tunggu iklan selama kurang lebih 30 detik.
  • Kemudian, akan ada pemberitahuan di ponsel Anda dari program Game Booster yang meminta Anda untuk mengaksesnya. Ketika muncul, bacalah, lalu klik tombol Izinkan.
  • Setelah itu, Anda akan dibawa ke pengaturan utama ponsel cerdas Anda, di mana Anda akan diminta untuk memberikan izin bagi aplikasi untuk mengakses fungsi ponsel Anda. Untuk melanjutkan, ketuk Izinkan atau sesuaikan pengaturan pada HP Anda seperlunya.
  • Jika sudah prosesnya sudah selesai, maka sudah dapat melihat FPS meter muncul di Pojok HP Anda.

Selain melalui aplikasi Game Booster, beberapa pengaturan di HP Anda juga harus diaktifkan agar bisa melihat FPS meter. Berikut pengaturan yang perlu Anda aktifkan!

  • Aktifkan Opsi Pengembang dan USB Debugging

Klik Tentang Ponsel -> Versi / Versi OS -> setelah membuka menu Pengaturan. Ketuk tujuh kali. Kembali ke menu utama setelah berhasil mengaktifkan Opsi Pengembang. Ikon aktivasi USB Debugging dapat ditemukan dengan buka Pengaturan -> Pengaturan Tambahan -> Opsi Pengembang.

  • Download Aplikasi GameBeench Community Edition dan Software JRE

Download GameBeench seperti biasa di Google Play. Untuk install software JRE, Anda kunjungi laman www.java.com dan mulailah mengunduh JRE.

  • Sambungkan HP dan Jalankan Software GameBeench di Laptop

Selanjutnya, jalankan aplikasi GameBench pada smartphone, lalu hubungkan melalui USB ke perangkat PC. Kemudian, izinkan USB Debugging akan muncul di layar smartphone. Silakan klik OK setelah mengetuk kotak kecil yang tertera. Cukup luncurkan game menggunakan GameBench di smartphone Anda untuk memainkannya di Android, dan FPS akan langsung ditampilkan di layar.

Demikian pemaparan mengenai aplikasi FPS meter di Android yang sangat mudah untuk dicoba oleh Anda!